Membuat Visa Afrika Selatan

Travelling ke benua Afrika menjadi wishlist jalan-jalan no. 1 saya. Alhamdulillah tahun ini dapat kesempatan untuk mewujudkan nya. Persiapan pertama sebelum jalan-jalan sudah pasti harus beli tiket. Tapi saya ga akan bahas tentang tiket, zaman sekarang nyari tiket murah atau promo sudah gampang banget lah yaaaaaa. Saya mau sharing sedikit tentang pengalaman membuat Visa Afrika Selatan, postingan pertama dalam seri “Travelling to South Africa” (semoga males nulis nya hahaha).

Afrika Selatan bukan merupakan negara bebas Visa, jadi kita harus membuat Visa sebelum pergi ke sana. Selama ini saya jarang sekali travelling ke negara yang memakai Visa, hanya China dan Arab saja. Mengurus Visa China pun tidak sulit sedangkan Visa Arab saya diurus oleh travel Umroh. Sebelum membuat Visa Afsel, saya sudah pasti mencari info nya dulu. Setelah googling sana-sini, ternyata info yang saya dapatkan tidak banyak. Hanya ada kurang dari 10 blog orang Indonesia yang membahas tentang Visa. Itupun semua nya berhubungan dengan Visa pekerjaan ataupun undangan suatu acara, saya tidak menemukan satupun postingan orang yang membuat Visa Afsel hanya untuk travelling. Karena keterbatasan info tersebut, akhirnya saya memutuskan untuk membuat Visa melalui travel agent. Dari beberapa travel agent yang saya hubungi, ternyata 80% tidak pernah membuat Visa Afsel. Wowww, Afsel sepertinya bukan negara tujuan yang populer di Indonesia. Lalu saya pun memutuskan untuk membuat Visa di Dwidaya Tour Lotte Shopping Avenue dengan biaya 780rb. Syarat-syarat pembuatan Visa Afsel adalah sebagai berikut :

  1. Mengisi form aplikasi. Bisa di download di sini. Tetapi minta di travel agent juga ada kok. Ditulis dengan pulpen hitam dan huruf kapital semua
  2. Pas foto 4×6 sebanyak 2 lembar dengan background putih
  3. Passport dengan masa berlaku min 6 bulan
  4. Bukti bookingan tiket pesawat dan penginapan. Saya pakai booking.com untuk penginapan, jadi bisa di cancel lagi jika Visa tidak approved)
  5. Itinerary selama di sana. Saya print di lembaran terpisah, itin secara kasar aja, tidak yang detail per jam
  6. Rekening koran 3 bulan terakhir
  7. Surat keterangan dari tempat bekerja
  8. Fotocopy KTP & KK

Syarat dari travel nya hanya itu saja. Tapi saya tambahin dengan buku kuning bukti vaksin Yellow Fever, Meningtis & Flu. Jika ada asuransi perjalanan juga bisa ditambahkan. Saat itu saya baru beli asuransi perjalanan setelah Visa approved. Pembuatan Visa Afsel ini tidak ada proses wawancara. Proses nya sekitar 10-15 hari kerja atau tergantung load aplikasi di kedutaan nya. Kira-kira penampakan Visa nya seperti ini, tapi Visa saya ditulis manual pakai tulisan tangan hihihihihi.

Salah satu teman saya ada yang membuat Visa langsung di kedutaan. Ternyata proses nya juga mudah, bahkan lebih cepat dibandingkan punya saya hahaha. Semua persyaratan nya sama dengan di atas, tidak ada yang di translate ke Bahasa Inggris. Biaya nya 650rb jika mengurus langsung ke kedutaan. Alamat kedutaan nya di sini : Wisma GKBI, lantai 7 suite 705. Jalan Jenderal Sudirman No. 28, Jakarta Pusat 10270.

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s