Table Mountain – Bermain di Atas Awan

Postingan kedua dalam seri “Travelling to Africa”. Biasanya orang itu akan searching tempat wisata atau point of interest sebelum beli tiket, tapi pas ke Afrika kemarin saya kebalik. Beli tiket dulu baru deh searching ada apa aja sih di sana. Ketika saya searching “what to in Cape Town”, “Top 10 attractions in Cape Town”, etc maka Table Mountain ada di urutan pertama. Kalau baca review, rekomendasi atau blog orang-orang pun mereka selalu bilang “belum ke Cape Town kalau belum mengunjungi Table Mountain. Penasaran dong memangnya sebagus apa sih? komentar pertama saya ketika saya lihat gambar nya adalah “Hah? apa bagusnya sih? cuma gunung batu gini doang, bagusan gunung di Indonesia deh. Ga tinggi-tinggi banget juga, hiking doang paling cuma tiga jam, ada kereta gantung nya pula”

Ternyata saya salah besar

Ketika saya menginjakan kaki di Cape Town, Table Mountain ini seperti membingkai kota Cape Town, selalu terlihat dari setiap sisi, selalu indah dilihat dari sisi manapun. Table Mountian adalah gunung tertinggi di Cape Town dan puncaknya rata, mirip gunung yang ada di film UP. Ada dua cara untuk naik ke puncak Table Mountain, melalui hiking atau menggunakan Aerial Cableway alias kereta gantung. Wah gila keren banget yakan naik ke puncak gunung pakai kereta gantung! Coba di Indonesia bisa ya naik Semeru pakai kereta gantung hahahaha. Yang bikin lebih keren, cableway ini berputar 360 derajat selama perjalanan naik ke atas, jadi kita bisa melihat pemandangan kota Cape Town. Oh ya, cableway ini juga cepat lho! Ga sampai 10 menit kita sudah berada di atas, dan sangat aman karena setiap tahun nya ada maintenance dan sampai ditutup selama beberapa minggu.

Kira-kira cableway nya seperti ini :

Kita juga bisa hiking untuk naik ke puncak Table Mountain dengan beberapa rute, diantaranya : Platteklip Gorge, Skeleton Gorge, 12 Apostles, India Venster, Llandudno Ravine dan Hiddingh Ascension. Jarak tempuh rute-ruter tersebut mulai dari 3 jam untuk rute dengan tingkat paling mudah dan 6 jam untuk tingkat paling sulit. Rute Platteklip Gorge merupakan rute termudah. Jika kita ingin hiking, sangat disarankan untuk menggunakan guide atau ikut paket tur. Tadinya hiking merupakan pilihan saya dan teman-teman saya untuk sampai ke puncak Table Mountain. Tapi karena kita bangun kesiangan akhirnya niat mulia hiking kita urungkan hahaha.

Ada apa aja si di puncak Table Mountain?

Ada restaurant! hahaha. Sumpah di atas Table Mountain ada restaurant, literally restaurant yang proper. Jadi kalau habis hiking, ga usah khawatir akan kelaperan pas sampai atas hahaha.

Oke, kita ga akan bahas restaurant. Dari puncak table Mountain kita bisa melihat hampir semua landmark Cape Town mulai dari Robben Island, V&A Waterfront, Green Point Stadium, Lion’s Head, Signall Head, Camps Bay dan lain-lain dengan catatan visibility nya sedang bagus. Ketika saya naik ke sana, visibility nya nol. Tapi ga membuat keindahannya berkurang, justru menurut saya makin bagus karena kita jadi berada lebih tinggi daripada awan, serasa di atas awan gitulah. Beberapa jam kemudian baru deh awan nya mulai kabur dan kota Cape Town pun mulai terlihat. Jika sedang berawan seperti ini disebut dengan Tableclotch karena bentuknya awan nya seperti taplak meja yang menutupi Table Mountain.

Di atas Table Mountain juga banyak flora. Table Mountain dan Back Table memiliki keanekaragaman hayati yang luar biasa kaya. Vegetasinya sebagian besar terdiri dari beberapa jenis fynbos Cape yang unik dan kaya. Jenis vegetasi utama adalah Karang Sandstone Fynbos yang terancam punah, namun secara kritis terancam Peninsula Granite Fynbos, Peninsula Shale Renosterveld dan hutan Afromontane terjadi di bagian yang lebih kecil di atas gunung. Jenis vegetasi Table Mountain merupakan bagian dari kawasan lindung Cape Floral Region. Kawasan lindung ini adalah Situs Warisan Dunia, dan diperkirakan 2.285 spesies tanaman terbatas pada Table Mountain dan daerah Semenanjung Cape, yang sebagian besar, termasuk banyak spesies proteas, sangat beragam di pegunungan dan lembah ini dan dapat ditemukan, tidak di tempat lain.

Informasi super lengkap tentang Table Mountain bisa langsung diakses di website nya : https://www.tablemountain.net/

Jadi sudah siap jalan-jalan ke Cape Twon? 🙂

 

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s