tips nyuci-nyuci jersey… dari seorang newbie…

Penyakit orang yang punya jersey adalah bingung pas mau nyuci. Mau nyuci sendiri tapi takut rusak, mau dibawa ke laundry mahal (dan takut rusak juga). Yaudh daripada bingung mendingan nyuci sendiri aja deh yuk! Dari pertama kali punya jersey, gw ga mempercayakan orang lain untuk nyuci jersey gw, termasuk mempercayakan nyokap atau laundry yang bagus. Yep, gw lebih milih nyuci sendiri. Setidak nya kan klo jersey gw rusak, yaudh itu rusak karna salah gw. Daripada nyuci di laundry terus rusak, lah nyesek kan udah bayar hehehehe. Lagian juga pernah denger ceritanya si Pelangi, dia nyuci jersey di laundry yg terkenal terus rusak aja gitu. Untuk itu, marilah kita nyuci-nyuci sendiri, ga perlu takut karena gampanggggggg!

IMG_1531a

nb : ini foto lama, kenyataan nya sekarang semua jersey ini udh berpindah tangan :p :p

Ini lah nyuci jersey ala gw :

1. Jangan nyuci pake mesin cuci

Kenapa ga boleh pake mesin cuci? ya karena di rumah gw ga ada mesin cuci hehehehe! Jangan pake mesin cuci supaya bagian sponsor yg di depan nya itu ga rusak, sama font nya juga sih (klo jersey nya ada font nya). Untuk menghindari pulls & bobbles juga sih ya, secara klo pake mesin cuci kan diputer-puter gitu tuh nyuci nya.

2. Klo takut luntur, pisahin jersey nya per warna

Wlopun belum pernah sih ngalamin kejadian jersey luntur.

3. Rendam jersey di dalam air yg udh dikasih detergen

Pake detergen apa? bebasssssss, apa aja yg ada di rumah hehehehe. Sampe skrg sih gw blm tau apakah ada detergen khusus untuk jersey. Berapa lama ngerendam nya? yah ga usah lama-lama yak, 10-15 menit cukup deh.

4. Kalau ada noda, pakai sabun mandi batangan

Ini sih sebenernya cara emak gw klo nyuci. Klo dia lagi nyuci terus nemuin nioda di baju, selalu dia gunain sabun mandi batangan buat ngilangin nya. Gw coba dan manjurrrrrrrrrrrrrr. Caranya cuma gosok-gosok noda yang ada pakai sabun mandi terus kucek pelan-pelan

5. Jangan disikat

Yang ini bukan karena di rumah gw ga ada sikat yaaaaaa! Biar ga rusak jersey nya. Dikucek-kucek aja, itu juga klo perlu aja. Klo ga ada kotor yg berarti, direndam aja udh cukup.

6. Rendam pakai pewangi

Abis direndam pakai detergen, bilas sampe bersih lalu rendam pakai pewangi. Lebih asik lagi sih klo pewangi nya yang sekalian sama pelembut. Sama kaya rendem pakai detergen, 10-15 menit cukup.

7. Jemur

Gw selalu ngebalik jersey sebelum dijemur, I mean bagian dalam jersey ada di luar. Terus sih ga pernah jemur jersey langsung di bawah panas matahari.

8. Jangan diseterika

Nah gw jarang bgt nih seterika jersey. Klopun kepaksa banget, pas lagi diseterika jersey nya dibalik & dialasin pakai kain lagi, jadi seterika nya ga langsung ke jersey.

9. Klo bisa sih digantung, jangan dilipat

Biar rapihhhh, biar klo pas dipake ga ada bekas lipatan baju. Lebih bagus lagi sih klo digantung nya pakai plastik-plastik yg kaya di laundry itu (entah nama nya apa), ada dijual di tanah abang udah satu set sama gantungan baju nya.

SELESAI! Iya udh gitu aja, gampang kannnnnnnnn? Klo gw lagi rajin sih, biasa nya absi dicuci gw urutin sesuai musim atau sesuai warna. Itu klo lagi rajin ya… hehehehe…

Demikianlah tips-tips sotoy dari saya. Klo mau lebih detail atau lengkap, bisa tengok-tengok web nya jerseyforum. Di sana akan lebih banyak pakar-pakar jersey yang ilmu cuci mencuci nya lebih oke daripada saya hehehehe…

Have a nice day! 😀

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s